buat yg pengen diet

Artikel ini terinspirasi dari teman saya sendiri yang mampu menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Saat itu, dia masih sekolah di bangku MTs yg setara dengan smp.  saat itu dia kebetulan tinggal dengan nenek selama di MTs. neneknya mendidik dia dengan sangat keras dan disiplin, yg menciptakan kebiasaan yg tanpa sadar  bisa menurunkan berat badan 15 Kg dlm waktu 3 tahun aja. banyangkan, sy msih ingat dulu berat badan dia ketika lulus SD adalah 65 Kg. tapi saat lulus MTs berat badan saya justru menjadi hanya naik menjadi 40 Kg dengan tinggi 150 cm. postur yg cukup ideal bukan??

Dia membocorkan bagaimana kebiasaan yg di didik oleh neneknya. Mau tau kebiasaannya? Berikut ini saya uraikan satu per satu :

TIDUR SEBENTAR, BANGUN LEBIH AWAL
gimana ga kurus?? bayangin aja dia kalo tidur itu paling cepet jam 23.30 dan bangun paling lama jam 03.30. mana itu rutin lagi. menurut ilmu kesehatan, semakin lama jam jaga kita maka semakin banyak metabolisme kita yg bekerja yg dalam arti lain semakin banyak energi yg terbakar yg menyebabkan berkurangnya lemak yg berlebihan.

SHOLAT MALAM.

gerakan sholat merupakan senam yg paling efisien dalam mengeluarkan energi namun pembakaran lemak yg dihasilkan cukup signifikan. apalagi sholat malam dilakukan setalah kita tidur/istirahat sehingga uap air yg terkandung selama kita tidur langsung segera menguap kembali.

MANDI LEBIH PAGI.

ini yg mungkin kebanyakan orang tidak tahu, padahal mandi pada saat pagi-pagi buta begini apalagi sehabis bangun tidur sangat baik untuk kesehatan. pertama otot yg lemas karena di istirahatkan langsung kembali segar dan siap untuk bekerja lagi. kedua, membuang semua toksin yg menguap ketika kita tidur.

JANGAN TIDUR LAGI SEHABIS BANGUN.

kenapa?? karena saat otot dan organ tubuh sudah siap bekerja tiba2 kembali dilemaskan. efeknya kerja organ tubuh akan melemah sehingga metabolisme tubuh akan terganggu yg berdampak tidak sempurnanya tubuh mengahncurkan lemak dan mengeluarkan toksin. yg menjadi penumpukan2 lemak yg biasanya terjadi didaerah pinggul, paha dan perut.

OLAHRAGA SAAT PERUT KOSONG
Ketika bangun tidur, jangan langsung makan. Lakukan olahraga ringan (senam atau sprint/lari) terlebih dahulu selama 15-20 menit.

SARAPAN
Jangan pernah melewatkan sarapan. Setelah olahraga ringan, tunggu beberapa saat, mandi, kemudian sarapan pagi. Cukup sarapan dengan roti tawar, telur rebus, teh hijau atau susu skim dan buah (apel, pisang, dll).

JANGAN TIDUR SEHABIS MAKAN.

sudah tahu sendiri kan efek negatifnya bagi tubuh. ya minimal 2 jam sehabis makan jangan tidur karena makan belum turun ke usus besar sehingga proses pembusukan akan tersendat di usus 12 jari. dalam kasus yg lebih parah, bisa menyebabkan usus buntu.

TETAP AKTIF
Setelah sarapan, tetaplah aktif. Makan makanan sehat setiap 3 jam sekali, dalam porsi sedikit. Tenang, ini tidak akan membuat gemuk, asal tetap aktif. Kalau kamu bekerja di kantor, duduk, usahakan untuk berdiri sesekali dan berjalan-jalan kecil.

JANGAN MAKAN SETELAH PUKUL 18.00 SORE
Alasannya : Kebanyakan orang tidak begitu aktif di malam hari, seperti menonton TV,di depan komputer dan bersantai. Jika seseorang makan di waktu tersebut, maka makanan yang dikonsumsi akan disimpan dalam bentuk lemak karena tidak dibakar melalui aktivitas.

BANYAK MINUM AIR PUTIH
Air putih dapat membantu untuk membakar lemak. Minum minimal 8 gelas air putih setiap hari. Jangan tunggu haus baru minum.

HINDARI KEBIASAAN BERDIAM DIRI BERLAMA-LAMA LEBIH DARI SETENGAH JAM.

contoh, nonton TV, baca buku atau yg lainnya. usahakan adakan gerakan peregangan otot minimal satu menit setiap 30 menit utk merilekskan otot-otot yang kaku.

PUASA SENIN KAMIS ATAU PUASA NABI DAUD.

selain bernilai ibadah, puasa terbukti dapat menjaga kinerja tubuh terutama bagian pencernaan. karena ibarat mesin jika dijalankan secara terus menerus tanpa istirahat kan menyebabkan mesin cepat panas dan rusak

Nah, semoga tips diet diatas dapat membantu. Tetap berusaha!

sumber: catetan pribadi

Tentang renaissance1992

orang simpel yg sedikit pendendam
Pos ini dipublikasikan di info cuma-cuma. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s